Jam Pelayanan
Layanan Pemustaka
Layanan pemustaka bertugas dalam memberikan berbagai jenis pelayanan kepada pemustaka antara lain:
Layanan bimbingan pemustaka (user education)
Layanan Sirkulasi atau Peminjaman. Layanan ini terdiri dari koleksi yang dapat dipinjamkan, pengembalian koleksi, pemberian sanksi/denda)
Layanan rujukan atau referensi
Layanan bimbingan membaca di perpustakaan
Layanan bercerita (story telling)
Layanan pemutaran film dan video
Layanan wajib kunjung perpustakaan
Promosi perpustakaan
Layanan Teknis
Tugas layanan teknis meliputi:
Pengembangan Koleksi
Pengolahan Bahan Perpustakaan, meliputi:
Inventarisasi Bahan Perpustakaan;
Katalogisasi dan Klasifikasi Bahan Perpustakaan;
Penyelesaian Fisik Bahan Pustaka (labelling, pemberian barcode);
Penempatan Bahan Pustaka di Rak (shelving);
Perawatan Koleksi (reproduksi meliputi duplikasi bahan pustaka yang sering digunakan, fotokopi, digitalisasi/e-book, penjilidan, laminasi/penyampulan, fumigasi, pengaturan suhu dan pencahayaan, penyiangan (weeding).
Layanan TIK
Tugas layanan teknologi informasi: (Tahapan Pengadaan Sistem)
Perencanaan sistem otomasi perpustakaan
Pengadaan sistem otomasi perpustakaan yang meliputi;
perangat lunak (software) otomasi perpustakaan, seperti SLIMs, Inlis Lite, dll;
Perangkat keras (hardware), misalnya server, computer klien, barcode reader, scanner, printer;
serta jaringan yang meliputi kabel, hub, modem.
Instalasi perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan.
Pelatihan penggunaan perangkat lunak otomasi perpustakaan yang telah dipasang.
Penginputan data dalam sistem otomasi perpustakaan.
Perbaikan sistem yang dianggap belum beroperasi/berfungsi sebagaimana mestinya.
Perawatan (maintenance) sistem otomasi dan jaringan komputer di perpustakaan.
Tugas layanan teknologi informasi: (Layanan otomasi perpustakaan kepada pemustaka)
Pengecekkan kesiapan server dan komputer perpustakaan
Pengoperasian server 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Umumnya operasi server tersebut dapat diakses secara local (Local Area Network/ LAN), atau online melalui internet.
Pengawasan ketertiban pemakaian komputer.
Pembimbingan bagi pemakai yang mengalami kesulitan dalam menggunakan komputer.
Penyediaan katalog online (OPAC).
Penyediaan e-resources, seperti e-book, e-journal, e-pappers (makalah), online database, bank soal, modul pembelajaran, dsb sesuai dengan kebutuhan sekolah.
Menyediakan link dan berjejaring ke perpustakaan lain seperti, Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Daerah/Perpustakaan Umum, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Sekolah lain yang sudah menggunakan sistem otomasi perpustakaan.

0 Komentar